Tetap Produktif Selama Ramadhan
Ah, Masa Iya? Serius?

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Produktif Selama Ramadhan

Rahma Safira – Udah mau hari ke 18 Ramadhan nih. Jadi gimana? Ada yang berbeda kah dengan Ramadhan tahun lalu? Masa iya sih mau gitu-gitu aja Ramadhannya. Kemauan untuk berubah itu jangan ditunggu loh. Tapi diputuskan dan yang memutuskan itu ya kamu sendiri. Kalau ditunggu terus kapan nyampenya?  

Jadi Ramadhan kamu kali ini apakah tetap produktif? Atau malah jadi loyo karena puasa? Duh, jangan gitu dong bruh. Masa karena ga makan siang aja jadi loyo gitu. Malu dong kalau ketemu sama temen-temen, apalagi yang bukan islam. Lagi puasa, ibadah wajib kok malah loyo. Apalagi kalau aktifitas keseharian kita sering berinteraksi dengan mereka. Terus jadi keliatan banget deh kalau kita lagi puasa gara-gara lemesnya itu. Mereka bahkan ada loh yang jadinya ga makan seharian karena menghormati kita yang lagi puasa. Nah, kamu jangan lemes gitu. Udah ditemenin juga tuh.

Nih tips buat kamu biar di bulan Ramadhan tetap produktif dan gak loyo. Lebih baik lagi kalau ibadah kamu jadi ditambahin di Ramadhan ini. Mantaaap kaan.

Tips Tetap Produktif Selama Ramadhan

1. Tetapkan Tujuan/ Target

Jadi dari awal nih, kamu udah menentukan tujuan dan target apa aja yang mau kamu capai di Ramadhan ini. Ini tergantung kemampuan kamu ya, tapi yang jelas acuannnya adalah harus lebih baik dari Ramadhan tahun lalu. Loh gitu? Ya iyalah. Masa mau sama aja? Masa kita gitu-gitu aja si? Baju lebaran aja pengennya baru dan bagus terus, kok target-target Ramadhannya biasa aja?

Target ini bisa apa aja apakah itu amal ibadah atau terkait pencapaian kamu di dunia. Duh jadi misah-misah gini ya padahal aktifitas keduniaan juga bisa dibilang ibadah loh. Contoh begini, adanya puasa sebulan penuh ini maka akan ada pola aktifitas yang berubah dengan hari-hari biasa kamu sebelumnya. Kalau kamu bisa mempertahankan itu agar tetap produktif itu udah bagus. Tinggal kamu tambahin deh dengan target-target terkait amal ibadah, seperti misalnya target khatam Al-Qur’an minimal 1 kali di bulan Ramadhan, tarawih setiap malam gak ketinggalan, atau ikut tausiyah setiap hari di bulan Ramadhan jelang berbuka. Sesederhana itu 🙂 kalau kamu mau tambahin juga boleh.

Sekali lagi, menyesuaikan kemampuanmu dan harus lebih baik dari tahun kemarin ya.

2. Luangkan Waktu Khusus.

Nah kalau udah ada tujuan dan target yang mau dicapai, kamu breakdown deh aktifitas nya apa aja. Kemudian luangkan waktu khusus untuk mengerjakan aktifitas itu. Lanjutin contoh di atas ya, misal kamu punya target khatam Al Quran 1 kali di bulan Ramadhan. Berarti 1 hari minimal harus 1 juz. Dalam 1 juz itu ada 11-12 lembar, kalau dibagi setiap habis sholat fardhu setidaknya kamu bisa baca 2-3 lembar setiap habis sholat fardhu. Usahakan istiqomah ya, komitmen.

Gimana caranya biar kuat istiqomah? Caranya kamu niat sungguh-sungguh untuk melakukan itu kemudian berdoa sama Allah, minta biar kamu dikuatkan untuk istiqomah baca Al-Quran 2-3 lembar setiap habis sholat fardhu agar bisa khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Kenapa sih harus khatam Qur’an?

Terdapat sebuah hadits dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “ Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?”, Beliau menajwab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu Al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “ Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga khair. Setipa kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

3. Makan Sahur!

Ini gak boleh ketinggalan ya. Apalagi bagi kamu yang emang belum terbiasa puasa, makan sahur jangan ketinggalan. Siapa yang mau tanggung jawab kalau nanti siang-siang kamu lemes, terus gak kuat pengen batal? Jangan sampe deh ya. Lagipula sahur itu banyak faedahnya dan termasuk ibadah sunnah loh. Bayangin makan aja ibadah? Enak gak tuh. Ya walaupun makannya pas habis bangun tidur. Gak apa-apa lah, toh jarang-jarang ini kan. Pokoknya usahakan ada yang masuk ke perut kamu saat waktu sahur.

Biar kuat sampai waktunya berbuka nanti, bacalah Laa haula wa laa quwwata illa billah. Minta pertolongan Allah agar dikuatkan sampai waktunya berbuka. Karena siapa juga yang memampukan kita berpuasa sebenarnya?

4. Tidur Tidak Terlalu Larut.

Biar kamu tetap produktif beraktifitas di siang hari, usahakan waktu istirahatmu saat malam hari cukup. Apalagi kamu harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Saranku jangan tidur habis subuh ya. Sayang banget soalnya. Waktu subuh itu waktu dibagikannya rezeki. Lagian kalau yang aku rasain sih tidur habis subuh itu nggak enak, karena bangun-bangun matahari udah naek aja tuh. Kamu gak merasa gitu?

5. Tidur Sebentar di Siang hari

Itu dia tips biar kamu tetap produktif selama Ramadhan. Puasa jangan dijadikan alasan buat kamu jadi loyo atau jadi males-malesan beraktifitas ya. Harusnya kamu bisa jadi lebih semangat karena semua amalan dilipatgandakan ganjarannya di bulan ini. Eh, jangan salah! Aktifitas kamu bekerja yang seolah duniawi itu juga bisa berbuah pahala loh. Karena bekerja juga termasuk beribadah, agar kamu bisa mandiri dan tidak meminta-minta terhadap orang lain. Bekerja juga upayamu berikhtiar untuk mendapatkan rezeki dari Allah. Jadi bersemangatlah dalam beraktifitas di Ramadhan ini ya!

Dibandingkan tidur sehabis subuh mendingan kamu luangkan waktu untuk tidur sebentar di siang hari. Di saat jam makan siang misalnya. Jadi kamu bisa mengumpulan energi untuk melanjutkan aktifitas hingga waktu berbuka nanti.

#inspirasiramadan #dirumahaja #flpsurabaya #BERSEMADI_HARIKE-10

Author

rahmasafira
rahmasaf@rahmasafira.com
Life is a fight. Tugas kita adalah berusaha. Tentang hasil, serahkan semuanya pada Yang Kuasa.

Bagaimana komentarmu? :)

%d bloggers like this: