aturan sosial tak tertulis dalam pergaulan
Ah, Masa Iya? Serius?

Aturan Sosial Tak Tertulis Dalam Pergaulan

Rahma SafiraAturan tak tertulis ini biasa disebut sebagai suatu kelaziman yang perlu dalam kehidupan. Jadi secara otomatisnya kebanyakan orang setuju untuk melakukan sesuatu hal dan menyepakati itu sebagai suatu hal yang benar atau baik. Tapi kalau dicari sumbernya dari mana, mungkin tidak akan ketemu ya. Karena ia tidak tertulis. Tidak terlegalisasi begitu.

Ada beberapa aturan dalam pergaulan yang berlaku, namun ia tidak tertulis. Walau begitu, selayaknya aturan itu diterapkan dalam kehidupan kita. Mengingat bahwa kita adalah makhluk sosial yang pasti selalu berinteraksi dengan yang lain, maka akan lebih baik jika kita dengan sadar melaksanakan aturan – aturan sosial tak tertulis tersebut.

Apa aja aturan sosial itu? Tenang. Gak susah kok. Cuma kamu perlu notes itu secara khusus. Karena kebanyakan itu dianggap hal yang kecil atau sepele, tapi ia berdampak besar pada perasaan seseorang. Tapi bukan baper ya. Ya udah coba tengoklah daftar di bawah ini.

  1. Jangan menelepon seseorang lebih dari dua kali secara terus menerus. Jika mereka tidak mengangkat telepon Anda, itu berarti mereka memiliki sesuatu yang lebih penting untuk diperhatikan.
  2. Ketika seseorang menjatuhkan sesuatu di lantai secara tidak sengaja atau menjatuhkan makanan dari piring atau tidak tahu bagaimana menggunakan pisau/ garpu, jangan menatap mereka. Hal yang sama berlaku untuk orang yang bersin, batuk, atau bahkan kentut yang tidak terkendali. Ini adalah reaksi yang tidak disengaja.
  3. Selalu lewati wastafel yg sedang digunakan dan jangan berdiri di sampingnya. Itu membuat gelisah bagi orang yang ada di situ.
  4. Kembalikan uang yang telah Anda pinjam bahkan sebelum orang lain ingat meminjamkannya kepada Anda. Baik itu 1 rupiah atau 100,000 Rupiah. Ini menunjukkan integritas dan karakter Anda. Sama halnya dengan payung, pena, dan kotak makan siang juga benda-benda lainnya.
  5. Jangan pernah memesan hidangan mahal di menu ketika seseorang mentraktir Anda untuk makan siang/ makan malam. Jika mungkin minta mereka untuk memesan makanan pilihan mereka untuk Anda.
    _______________________________________________________________________
  6. Jangan mengajukan pertanyaan canggung seperti “Oh, jadi kamu belum menikah?” Atau “Apakah kamu tidak punya anak?” atau “Mengapa kamu tidak membeli rumah?” Demi Tuhan, itu bukan masalahmu.
  7. Selalu buka pintu untuk orang yang datang di belakang Anda. Tidak masalah apakah itu laki-laki atau perempuan. Anda tidak menjadi kecil dengan memperlakukan seseorang dengan baik di depan umum.
  8. Jika Anda naik taksi dengan seorang teman, dan ia membayar sekarang, Anda membayar lain kali.
  9. Hormati pendapat politik yang berbeda.
  10. Jangan pernah menyela pembicaraan orang.
    _________________________________________________________________________
  1. Jika Anda menggoda seseorang, dan mereka sepertinya tidak menikmatinya, hentikan dan jangan pernah melakukannya lagi.
  2. Ucapkan “Terima kasih” ketika seseorang membantu Anda.
  3. Puji di depan umum. Mengkritik secara pribadi.
  4. Hampir tidak pernah ada alasan untuk mengomentari berat badan seseorang. Katakan saja, “Kamu terlihat luar biasa.” Jika mereka ingin berbicara tentang menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya.
  5. Jika Anda mendapatkan penerbangan panjang atau naik kereta api, mandilah sebelumnya. Orang di sebelah Anda akan menghargainya.     ________________________________________________________________________
  6. Ketika seseorang menunjukkan foto pada ponselnya kepada Anda, jangan geser ke kiri atau kanan. Anda tidak pernah tahu apa selanjutnya.
  7. Jika seorang kolega memberi tahu Anda bahwa mereka memiliki janji temu dokter, jangan tanya untuk apa, katakan saja harap Anda baik-baik saja. Jika mereka ingin membicarakannya, mereka akan melakukannya dan Anda tidak menempatkan mereka pada posisi yang tidak nyaman karena harus memberi tahu Anda tentang penyakit mereka.
  8. Perlakukan petugas pembersih/ OB dengan rasa hormat yang sama seperti Anda memperlakukan CEO. Tidak ada yang akan terkesan oleh betapa kasarnya Anda memperlakukan seseorang di bawah Anda, tetapi orang-orang akan memperhatikan jika Anda memperlakukan mereka dengan hormat.
  9. Jika seseorang berbicara langsung kepada Anda dan anda menatap HP maka Anda tidak sopan.
  10. Jangan pernah memberi saran sampai Anda diminta.

Catatan: Disampaikan oleh Bu Nyai Nur Hamida, istri dari Kiai Muhammad Danial Nafis, Khadim Zawiyah Arraudhah Jakarta.

Aturan sosial di atas sebenarnya adalah tuntunan bagi kita sebagai makhluk sosial dalam bersikap. Bagaimana agar tindakan/ perilaku kita tidak mengganggu orang-orang di sekitar. Seringkali manusia sering khilaf, maka aturan tak tertulis itupun baiknya dihimpun juga.

Tulisan ini saya ambil dari Guru saya, Ustadz Adhli Al Qarni yang sedang menempuh pendidikan di Maroko. Mohon doa agar perjalanan studinya lancar dan memberikan manfaat bagi banyak orang di dunia dan akhirat.

Jazaaakumullah khairon katsiron.

#inspirasiramadan #dirumahaja #flpsurabaya #BERSEMADI_HARIKE-18

Author

rahmasafira
rahmasaf@rahmasafira.com
Hidup adalah anugerah. Kita hanya perlu terus berusaha, berproses dan yakin. Hasil sudah ranahnya Yang Maha Kuasa. Tapi kita sangat boleh berdoa. Jangan lupa kawal doa-doa itu dengan sholawat.

Bagaimana komentarmu? :)

%d bloggers like this: