Seri Komik Sufi Al Ghazali 2 Cahaya Kearifan
Books and Movies

Seri Komik Sufi Al Ghazali – Cahaya Kearifan

Rahma Safira – Kamu udah baca Kitab Imam Ghazali yang mana aja? Ya Ayyuhal Walad udah belum? Kalau belum, coba baca dulu gambarannya di >> sini yaa <<

Ternyata ada loh yang membuat penyajian kitab karya Hujjatul Islam Imam Al Ghazali ini dengan cara berbeda. Yaitu dibuat dalam bentuk komik!

Judul                     : Himah Sufi 2 Nasihat Al-Ghazali Cahaya Kearifan

Penulis                 : Andityas Praba, Rizki Goni (Komikus)

Penerbit              : Mizan

Cetakan ke          : 1, Shafar 1441 H/ Oktober 2019

Halaman              : 124

ISBN                      : 978 602 441 164 0

Pasti penasaran kan? Iya aku juga. Akan seperti apakah kalau kitab tasawwuf yang isinya sangat padat bermakna dan dalam ini disajikan dalam bentuk komik yang notabene lebih santai, menghibur dan ringan tentunya.

Ini merupakan serial komik kedua yang ditulis Andityas Praba dari Karya Imam Al Ghazali. Penulis, Andityas Praba, membuat seri komik Al Ghazali yang kedua ini bersumber dari Kitab Ya Ayyuhal Walad (yang belum tau kitabnya boleh klik link yang aku kasih di atas tadi ya).

Seri Komik Sufi Al Ghazali Cahaya Kearifan dan Terjemah Kitab Ya Ayyuhal Walad

Kalau baca kitabnya langsung, isinya begitu padat dengan nasihat-nasihat kehidupan yang sarat makna. Saat dibuat dalam bentuk komik, ia menjadi lebih mudah tergambarkan dan lebih ringan untuk dipahami. Tapi tetap saja untuk ukuran komik ini merupakan komik yang berat menurutku. Haha. Walau begitu, penyajian dalam bentuk komik sangat membantu sebagai sarana pengantar pengenalan karya-karya Imam Al Ghazali pada khalayak yang lebih luas. Terutama yang memang tidak tersentuh sama sekali jika langsung membaca kitab atau terjemah kitabnya saja.

Usaha penulis dan penerbit yang mendukung terbitnya seri komik ini juga patut diapresiasi. Mereka membuat suatu hal baru untuk menarik segmen pembaca yang baru, tentunya dengan harapan agar konsumen pembacanya lebih luas. Karya Imam Al Ghazali ini tetap saja benar-benar sarat makna dan perlu perenungan walau dibuat dalam bentuk komik. Tapi tenang saja, penyajian gambar dan tokoh-tokohnya akan membuat kamu senang.

Komikus, Rizki Goni, membuat tiga tokoh pemeran utama dalam seri komik ini. Mereka adalah Imam Al Ghazali, Rijal dan Nissa. Gambarnya lucuuu! Imut – imut gimana gitu :D. Coba lihat deh.

Komik Sufi Imam Al Ghazali Cahaya Kearifan
Tokoh dalam Seri Komik Al Ghazali

Penyampaian dalam bentuk komik membuat  satu nasihat harus dibuat hingga beberapa halaman. Jadi tidak semua yang ada di Kitab Ya Ayyuhal Walad dituangkan dalam komik ini. Bagi yang ingin mengetahui keseluruhan isi kitab sebaiknya memang membaca langsung kitabnya. Tapi bagi yang merasa belum kuat, atau ingin yang ringan-ringan saja dan tetap berkualitas, bolehlah baca seri komik ini dulu.

Additional Notes

Awalnya aku beli seri komik ini tujuannya untuk diberikan ke adik sepupu, dia masih SD. Tapi ternyata setelah kubaca, sepertinya untuk SD dan SMP awal masih belum cocok secara umum. Ini lebih cenderung untuk orang dewasa atau remaja akhir. Dilihat dari penggambaran tokohnya saja, Rijal dan Nisa, ada di masa kuliah. Artinya memang untuk dewasa awal. Ya mungkin untuk setingkat SMA ini masih bisa.

Semoga jadi awal untuk semakin rajin baca kitab ya 🙂

Author

rahmasafira
rahmasaf@rahmasafira.com
Hidup adalah anugerah. Kita hanya perlu terus berusaha, berproses dan yakin. Hasil sudah ranahnya Yang Maha Kuasa. Tapi kita sangat boleh berdoa. Jangan lupa kawal doa-doa itu dengan sholawat.

Comments

Avatar
January 18, 2021 at 3:40 am

belinya dimana ini? dan harganya berapa?



Avatar
May 21, 2021 at 7:18 pm

Dari kitab Sang Hujjatul Islam dijadikan komik? Kok rada unik ya? Sebuah pendekatan belajar keislaman yang menyenangkan menurutku…



Bagaimana komentarmu? :)

%d bloggers like this: