Review Aplikasi Super App NU Online
Ah, Masa Iya? Serius?

NU ONLINE SUPER APP: Bener-Bener Superrr! Asik bangeeet!

Rahma Safira – Setelah sebelumnya NU menyelenggarakan peringatan hari lahir ke-95 pada 31 Januari 2021 kemarin, NU juga memperingati harlah ke-98 berdasarkan tanggal hijriah, yaitu pada 16 Rajab yang bertepatan dengan 27 Februari 2021.

Ternyata momen Hari Lahir (Harlah) Nahdhatul Ulama ke-98 (dalam hitungan Hijriah) yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal tersebut menjadi ajang yang dipilih untuk peluncuran Aplikasi Super App NU Online. Sebuah aplikasi yang berisi berbagai macam kebutuhan lengkap terkait keagamaan dengan pembawaan aplikasi yang ringan serta interface yang enak dilihat. Aplikasi ini juga menyediakan mode terang dan gelap bawaan.  

Peluncuran Super App NU Online dilakukan oleh KH. Said Aqil Siradj selaku Ketua Umum PBNU. Setelah menyampaikan pidato kebangsaan kemudian diputarkan video peluncuran aplikasi. Bagi yang mau lihat videonya bisa klik di sini yaaa. Mulai saat itu Super App NU Online dapat diunduh di s.id/nuonline untuk adroid dan di s.id/nuonline_ios untuk pengguna iphone.

Motif dibalik Peluncuran Aplikasi NU Online Super App

Aplikasi NU Online diluncurkan sebagai upaya pelayanan ke masyarakat yang lebih dekat dan mudah dengan sumber yang terpercaya. Dengan lengkapnya fitur-fitur di aplikasi, dapat kita rasakan kalau aplikasi ini merupakan sebuah pelayanan besar yang dilakukan oleh NU kepada masyarakat. Memudahkan umat untuk mengakses segala macam hal terkait keagamaan juga berita terkini terkait NU.

Ini termasuk aplikasi keagamaan yang sangat lengkap! Karena di Super App NU Online sudah ada Al-Quran, waktu sholat, arah kiblat, doa sehari-hari, wirid, yasin dan tahlil, maulid, ziarah, video serta artikel dan berita keislamaan. Sebagai tambahan berhubung ini adalah dari NU, aplikasi ini juga memuat ensiklopedi NU lengkap (lengkap banget kata aku mah dan mudah gituuu). Jadi bagi yang ingin lebih mengenal NU tinggal jelahahi saja aplikasi ini. Karena sumber dari ensiklopedi ini adalah dari Buku Ensiklopedia NU yang tebelnya 4 Jilid. Tapi ga usah khawatir, walaupun lengkap, cara mencarinya gak susah kok. Kamu bisa ketik aja kata kunci yang kamu mau di kolom pencarian. Atau kalau kamu tau sejarah NU awal terbentuk sampai sekarang, kamu bisa klik ikon kronik.

Salah satu fitur di aplikasi: Waktu Sholat

Walaupun konten aplikasi ini lengkap banget, tapi gak mempengaruhi aplikasi ini jadi lambat atau lola (loading lama). Bahkan gak ada loading sama sekali. Interface-nya juga enak bangeet. Nyaman untuk dilihat lama-lama, gak bosen ataupun lelah lihatnya. Ya ampun keren banget gak sii -_- Gak ngerti lagi ya Rabb. Bagus banget T_T

Sebenarnya aku pengen ceritain semua di sini, tapi gak jadi deh. Itu semua juga bisa kamu lihat langsung dengan mengunduh aplikasinya. Lebih enak jelajahi dan buktikan sendiri kalau aplikasi ini tuh bermanfaat bangeeet, lengkaaap, enak dilihat dan bener-bener ringaaan masyaallaah!

Kenapa Super App?

Ini sebenarnya yang jadi pertanyaan aku sejak awal. Setelah aku coba cari-cari, referensi mengatakan kalau maksudnya Super App itu adalah aplikasi yang banyak fungsi. Tapi dengan banyak fungsinya itu, menyebabkan aplikasi super tersebut menjadi berat, sehingga loading-nya lama. Ini berlawanan banget kan sama aplikasi Super App NU Online yang isinya lengkap, tapi gak ada loading-nya.

Karena NU online ini ringan banget, sempat kukira itulah penyebabnya dia disebut Super, aplikasi lengkap tapi tetap ringan. Ga ngerti sih kenapa namanya itu Super App. Atau mungkin karena di bagian pengaturan itu keterangan versi aplikasinya adalah Super App. Entah emang nama vendornya super app atau memang ini ada kategori tingkatan tertentu dari developernya sehingga ya emang namanya supper app? Makin ngaco nih πŸ˜€ Mohon penjelasannya ya bagi yang paham, adakah keterkaitan super app ini dengan keringanan aplikasi ini saat dijalankan?

Tampilan Pengaturan pada Aplikasi

Dan ketahuilah kawan, setelah tulisan ini rilis aplikasi NU Online ternyata sudah update ke versi 1.5.0. Jadi mari kita perbaharui. Bagi yang belum mengunduh yukk diunduh dulu. Link di atas tadi ya!

Jangan lupa, doakan para Kyai juga pengurus NU agar senantiasa diberi kekuatan untuk istiqomah dalam menebar kebaikan dan berkhidmah untuk umat.

Author

rahmasafira
rahmasaf@rahmasafira.com
Hidup adalah anugerah. Kita hanya perlu terus berusaha, berproses dan yakin. Hasil sudah ranahnya Yang Maha Kuasa. Tapi kita sangat boleh berdoa. Jangan lupa kawal doa-doa itu dengan sholawat.

Bagaimana komentarmu? :)

October 4th

October 5, 2021

%d bloggers like this: